Indonesian Mining Association

  • Create an account
    *
    *
    *
    *
    *
    Fields marked with an asterisk (*) are required.

Indonesia Kuasai Sumber Energi

E-mail Print PDF

JAKARTA-lndonesia memiliki beragam sumber daya energi yang bisa dimanfaatkan untuk ketahanan energi nasional misalnya minyak bumi, gas, batubara, hingga energi panas bumi yang bisa terus diperbaharui. "Kita itu hampir memiliki semua sumber energi. Berbeda dengan negara-negara Arab yang hanya memiliki minyak," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik.

Dengan potensi yang ada itu, lanjutnya, Indonesia bisa menjadi negara adi daya energi di masa depan. Komponen minyak, gas, dan batubara saja sudah menghasilkan 6 juta setara barel oil per hari. Belum lagi energi terbarukan panas bumi sebesar 40 persen dari total yang ada di dunia dikuasai Indonesia. Itu hampir setara dengan 28 ribu megawatt. Sebagai perbandingan, seluruh listrik yang ada di Indonesia sebesar 29 ribu megawatt.

Diperkirakan sumber daya minyak bumi Indonesia mencapai 73 miliar barel. Sedangkan yang sudah dikeluarkan sejak zaman Belanda hingga sekarang mencapai 23 milyar barel. Sehingga diyakini cadangan minyak masih banyak dibumi Indonesia, meski itu perlu dibuktikan lebih lanjut.

Selain potensi sumber daya alam, kata Jero Wacik. Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia cukup besar. Saat ini penduduk Indonesia mencapai 240 juta jiwa. "Dengan jumlah yang besar ini jika kemampuan intelektualnya sudah maju akan mampu menggerakkan potensi sumber daya alam yang ada. Nah untuk capai tujuan itu, kita harus bersatu dan berbagi peran," ujarnya.

Tapi sayangnya, lanjut dia, penggunaan energi saat ini masih banyak mengandalkan minyak. Sedangkan potensi energi lain kurang dimaksimalkan. Akibatnya, setiap tahun anggaran negara harus menanggung beban subsidi yang besar.

"Karena itulah kita akan menjalankan program pembatasan BBM mulai April mendatang," kata Jero. Dia berharap masyarakat kelas menengah ke atas meninggalkan penggunaan BBM bersubsidi (premium1) dan beralih ke pertamax Atau pilihan lainnya mereka harus beralih dari BBM ke bahan bakar gas (BBG).(dri)

Sumber : INDO.POS, 10 Januari 2012